Join Yuk

MuSiCu. Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 07 Oktober 2010

The Groove

Biografi :
 
Tanggal 12 Januari 2004 The Groove resmi meluncurkan album ketiganya yang bertitel HATI- HATI. Sesuai dengan judul albumnya, persiapan albumnya memang sangat hati-hati alias menggarapnya dengan matang. Butuh waktu satu tahun untuk menggodok album ini. Diawali dari kumpul bareng di sebuah vila di kawasan puncak, The Groove berembug konsep album, penggarapan musik dasar, aransemen, dan lain sebagainya.

Album HATI – HATI masing mengedepankan ciri khas The Groove, yaitu tampilan musik yang asyik (nge-groove) yang ditopang oleh duo vokalis bersuara keren. Kita bisa mendapati beragam nuansa musik dalam albumnya mulai dari funk, dance, pop, soul, jazz hingga R&B. Disamping itu ada sentuhan baru yang lebih segar pada instrumen bass oleh personil baru yaitu Ari Firman yang resmi bergabung sejak tanggal 22 April 2003. Ari Firman selama ini bukanlah sosok asing bagi The Groove. Selain sebagai salah satu additional player yang turut membantu beberapa show The Groove, Ari Firman juga teman 'nongkrong' ketika masih sama-sama di Bandung. Bahkan pernah satu band dengan Deta sebelum The Groove terbentuk. Jadi tak heran begitu bergabung, tak butuh waktu lama untuk saling menyesuaikan. Karakternya yang khas dalam membetot bass memberikan warna tersendiri. Jadi kini formasi The Groove adalah: Rieka Roslan (vokal), Reza (vokal), Deta (drum), Tanto (Keyboard), Ali (Piano), Arie (gitar), Rejoz (perkusi), dan Ari Firman (bass).

Untuk pertama kalinya The Groove berkolaborasi dengan Indra Lesmana, dimana Indra didaulat untuk menggarap mixing dan masteringnya. Di tangan Indra, lagu-lagu itu semakin tajam karakternya, tanpa kehilangan keorisinilan dari konsep album itu sendiri.

Ada juga Aksan Syuman yang tampil mengisi drum dalam lagu Hati-Hati. Keterlibatan Aksan ini berawal ketika ia sering nongkrong di studio Ponpin miliknya yang kebetulan menjadi tempat rekaman The Groove. Terbetiklah ide untuk mengisi drum secara duet dalam lagu Hati-Hati. Di lagu ini Deta dan Aksan mampu bersinergi dengan apik, tak sekedar menjaga beat lagu, tapi berhasil memberi sentuhan yang berbeda. Lagu Hati – Hati paling menonjolkan karakteristik dari semua personil The Groove. Kebebasan The Groove sangat terasa di lagu ini. Seperti di album sebelumnya, The Groove masih mengedepankan originalitas dari brass section yang dikoordinir oleh Idham Noorsaid.

10 lagu di album ini sangat menarik untuk dinikmati. Simak saja lagu kojo-nya yang bertitel Hanya Karena Cinta, dengan beat up tempo yang asyik untuk diikuti. Atau bisa dinikmati lagu lain yang pontensial menjadi hit seperti Menanti Bintang, Bernyanyilah, dan Pangeran & Putri. Tak hanya musiknya, karakter duo vokal Rieka dan Reza pun diolah dengan variatif. Ada beberapa lagu yang dibawakan secara solis dengan improvisasi yang khas dari masing-masing. Disini terdapat sebuah lagu instrumen dengan aransemen versi The Groove sendiri berjudul Freedom To Share. Satu hal lagi, ada lagu berjudul Pulau Dewata yang didedikasikan untuk Bali yang diharapkan tetap bangkit pasca ledakan bom.

Secara keseluruhan album HATI-HATI mencerminkan kedewasaan dan kematangan dari The Groove. Diharapkan lewat album ke-3 ini nilai musikalitas dari masing-masing personilnya dapat terus berkembang. Dan yang pasti hubungan antar personil pun tetap kompak. 
 

0 komentar:

Blog Archive